Khutbah Jum’at 11-02-2011 : Nasihat Nabi kepada Abu Dzar Al-Ghifari

by A Rahman

Kemarin aku sholat jumat di masjid Al-Akbar  yang berada di kantor Golkar Cikini.  Dalam khutbahnya sang khotib mengemukakan bahwa jika saat ini banyak masyarakat sedang mengadakan Maulid Nabi Muhammad SAW, itu tidak lain semata-mata adalah wujud kecintaan mereka kepada Rasulullah SAW.  Yang penting dari perayaan itu adalah bagaimana mencontoh akhlak Rasulullah yang mulia.

Salah satu akhlak Rasul adalah menjadikan dunia ini sebagai ladang amal sebagai bekal menuju akhirat dan ikhlash dalam melaksanakan perintah Allah.  Berkaitan dengan ini khatib mengingatkan hadits yang berisi nasihat Nabi kepada sahabat Abu Dzar Al-Ghifari :

“Wahai, Abu Dzar, pugarlah kapalmu karena lautnya dalam, bawalah bekal sempurna karena perjalananmu jauh, peringanlah beban karena rintangan-rintangannya berat sekali, ikhlaskanlah amal karena sesungguhnya Yang Maha Meneliti, Maha Melihat.”

Perjalanan jauh yang dimaksud adalah perjalanan menuju akhirat.  Untuk itu kurangi beban, jangan terlalu banyak mengambil keduniaan.   Bawalah bekal amal sholeh.  Dan lakukanlah dengan ikhlash.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s