Clipper Programming

by A Rahman

Cukup lama aku menggunakan tool ini, yaitu sejak tahun 1991 sampai tahun 2005.  Sekarang pun ada programku yang dikembangkan menggunakan clipper ini yang masih digunakan oleh suatu lembaga.

Sukanya pakai program ini dulu adalah karena bisa dicompile dan berjalan hanya dengan EXE nya sendiri untuk menangani database dbf, tidak seperti  foxpro yang masih perlu ini itu dari foxpronya itu sendiri.  Bahkan aku sukanya hanya dengan memberi program exe, maka setelah di-run program bisa bikin tabel-tabel dan index sendiri karena udah aku set di dalam source codenya struktur tabel-tabelnya.  Dulu akau pakai mulai dari Clipper Summer 87, Clipper 5.0, Clipper 5.2 dan terakhir Clipper 5.3.  Bahkan aku masih punya software aslinya beserta  box dan buku-bukunya.

Nah, program visual yang bisa jadi penerus Clipper ya Delphi ini.  Maka aku senang sekali pakai Delphi, yang dengan EXE bisa menangani database seperti MsAccess, SQLite, Absolut database.

Lama berkutat dengan Delphi, lama tak menyentuh Clipper rada lupa juga, maka aku coba googling.  Ternyata masih ada di Internet yang membahas Clipper.  Entah apa tulisan lama atau baru, yang jelas masih lumayan buat baca-baca.  Ini diantaranya :

CA-Clipper 5.3 Guide to CA-Clipper

 

Converting Clipper Applications

 

From Clipper to Delphi

Clipper to Delphi

Coding Clipper

 

Leave a Reply

